Olahraga yang Menjadi Trend Masa Kini

Oleh: Privinta Andini
Olahraga, olahraga yang dulunya terkesan membosankan dan melelahkan kini menjadi gaya hidup atau trend yang terkesan keren dan menjadi kebutuhan penting untuk menunjang penampilan seseorang. Ya, ini merupakan suatu trend yang sangat baik.
Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Berikut adalah olahraga yang banyak diminati oleh kaum modern yang masih berjiwa muda.
1. Muay-thai / Kick Boxing
Kata Muay berasal dari bahasa sansekerta ‘mayva’ yang berarti bela diri dan Thai berasal dari kata “Tai” (Suku Thai) Muay Thai disebut sebagai “Seni Delapan Tungkai” atau “Ilmu Delapan Tungkai” karena tehniknya menggunakan pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut, sehingga olahraga ini disebut juga dengan Kick Boxing. Olahraga ini mempunyai alat alat yang harus digunakan oleh peminat berupa Glove(Sarung tinju) dan Handwraps. Olahraga ini banyak diminati oleh kaum wanita karena dikenal dengan olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Ya, memang peneliti mengatakan bahwa Muay Thai dapat membakar 1500 kalori jika dilakukan dengan maksimal.
2. ZUMBA
Zum-zum, yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat, olahraga ini diperkenalkan oleh Alberto ‘Beto’ Perez, yang kini menjabat sebagai Creative Director Zumba Fitness. Zumba yang berkembang sejak tahun 2001 ini sekarang bukan sekadar alternatif olahraga, tapi juga sudah menjadi tren. Zumba menggunakan teori 70:30, yaitu 70 dansa dan 30 fitness. Gerakan-gerakan zumba terfokus pada pinggul, pinggang, dan kaki, sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh. Zumba sendiri juga tidak memerlukan alat khusus. Zumba dapat dilakukan sesuai dengan tujuan, jika hanya untuk kebugaran, zumba dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Namun jika tujuannya untuk membakar lemak akan lebih baik lagi zumba dilakukan 4-5 kali dalam seminggu
3. PILATES
Pilates adalah salah satu bentuk olahraga yang dikembangkan oleh Josep Pilates. Olahraga ini menekankan keseimbangan tubuh melalui core strength (kekuatan inti atau kekuatan pusat, kelenturan dan kesadaran agar efisien dalam pergerakan yang anggun. Berdasarkan survey, dikatakan bahwa hal yang membuat pilates disukai adalah manfaatkan yang menguatkan, menambah daya tahan tubuh dan melangsingkan. Pilates adalah olahraga yang jarang dilakukan secara berkelompok. Masing-masing orang mempunyai kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Alat pilates yang paling umum dipakai adalah matras.
4. TRX (Total Body Resistance Exercise)
Trx merupakan jenis olahraga yang ditemukan oleh Randy Hetrick di awal taun 2000 asal amerika serikat. TRX adalah jenis latihan suspense yang dilakukan hanya dengan mengandalkan bobot tubuh orang yang bersangkutan. TRX bermanfaat untuk melatih kekuatan dan kebugaran tubuh tanpa harus menggunakan beraneka macam olahraga. Kelebihan TRX adalah membakar kalori lebih banyak jika dibadingkan ketika anda melakukan gerakan yang sama di atas lantai tanpa menggunakan tali untuk menahan beban tubuh. Dalam satu jam TRX dapat membakar 500 kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar