Tempat Makan Enak Dan Murah Di Jogja

Anda sedang mencari kuliner Jogja yang enak dan murah? Ini dia daftar tempat makan enak dan murah di Jogja yang maknyus menggoyang lidah. Kota Yogyakarta memang terkenal sebagai salah satu surganya kuliner enak dan murah. Hampir di setiap penjuru kota Jogja menjamur aneka kuliner enak mulai dari makanan khas Jogja sampai menu western pun ada disini.
Nah, bagi Anda yang ingin menjelajahi aneka kuliner Jogja yang terkenal enak dan murah, saya telah menyiapkan daftar tempat makan enak di Jogja yang murah meriah, nyaman dikantong deh pokoknya. Harga mahasiswa bangetlah. Penasaran bukan? Yuk, simak 25 tempat makan enak dan murah di Jogja berikut.
Tempat Makan Enak Dan Murah Di Jogja
1. Angkringan Jogja
Angkringan Nganggo Suwe atau Angkringan Lek Adi
Angkringan Nganggo Suwe atau Angkringan Lek Adi, salah satu angkringan enak di Jogja (Foto : haphap.com)
Ngomongin tempat makan enak dan murah di Jogja tentu tak akan bisa lepas dari angkringan Jogja. Siapa seh yang tidak kenal tempat makan murah di Jogja yang satu ini? Hampir setiap orang yang pernah tinggal di Jogja mesti tak asing dengan angkringan. Apalagi mahasiswa, familier banget deh dengan angkringan.
Angkringan merupakan gerobak sederhana beratap terpal plastik yang menjual nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, dan wedangan. Nasi kucing adalah menu khas angkringan, sekepal nasi dengan secuil oseng tempe atau teri lalu dibungkus daun pisang dan kertas. Dinamakan nasi kucing karena porsinya memang kecil.
Selain tempat yang asyik untuk berdiskusi dengan teman hingga larut malam, angkringan juga tempat makan andalan ketika dompet tinggal menyisakan uang ribuan. Tak heran, meskipun kafe-kafe modern menjamur bak cendawan di musim hujan, angkringan tetap bertahan sebagai tempat makan di Jogja enak dan murah. Kuliner Jogja murah? Ya angkringan.
Salah satu angkringan Jogja yang paling terkenal adalah angkringan tugu atau angkringan Lek Man. Angkringan Lik Man merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana yang tak kalah nikmat. Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Jam buka: 18:00 – habis.
2. Aneka Gudeg Jogja
Gudeg-Yu-Djum
Gudeg Yu Djum, salah satu gudeg enak di Jogja (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)
Ini dia makanan khas Jogja yang wajib Anda cobain, yaitu gudeg. Masakan lezat berbahan baku nangka muda ini seolah menjadi makanan wajib bagi siapa saja yang sedang berkunjung ke Jogja. Gori (nangka muda) yang bergetah dibersihkan sedemikian rupa kemudian dimasak dalam kuah santan bersama bumbu dan rempah-rempah selama berjam-jam.
Setelah matang, gori menjadi empuk dan agak manis. Gudeg biasanya disajikan bersama sambal goreng krecek (kulit sapi) pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau ayam bacem. Sebagai sentuhan akhir, gudeg disiram areh gurih yang memberikan cita rasa khas yang tidak ada duanya.
Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat makan enak dan murah di Jogja yang menjual gudeg kerena hampir di setiap sudut kota Jogja selalu ada penjual gudeg. Dari mulai pagi hari sampai larut malam, tetap saja Anda bisa menikmati makanan khas Jogja yang satu ini.
Namun kawasan Wijilan dan Barek lah yang paling kondang sebagai sentra gudeg. Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak. Bila Anda kebetulan sedang berada di belahan utara Yogyakarta, cobalah datang ke Barek. Setiap subuh, penjual gudeg berderet di pinggir jalan di sebelah utara kawasan Kampus UGM.

3. House of Raminten
Tempat wisata kuliner di jogja House of Raminten
Tempat makan enak dan murah di Jogja House of Raminten (Foto : siwimars.com)
Ingin menikmati menu angkringan dan tradisional di tempat yang lebih modern? Datang saja ke House of Raminten. House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing.
Arsitektur tempat makan di Jogja yang enak dan murah ini terbilang luar biasa. Anda bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, Anda akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini.
Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika Anda membutuhkan sesuatu. Alamat: Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Jam buka: 24 jam. Soal harga tentu saja nyaman di kantong alias murah dan pas banget buat tempat nongkrong di Jogja.
4. Soto Sulung Stasiun Tugu
Soto-Sulung-Stasiun-Tugu
Soto Sulung Stasiun Tugu (Foto : travelmatekamu.com)
Bagi Anda penggemar soto, saatnya mencicipi aneka soto enak yang ada di Jogja. Salah satu tempat makan enak dan murah di Jogja khusus soto adalah Soto Sulung Stasiun Tugu yang merupakan soto sulung legendaris di Kota Jogja. Lokasi tempat makan enak di Jogja ini berada di parkiran selatan Stasiun Tugu, Yogyakarta.
Soto khas Madura ini berisi daging sapi atau jeroan sapi seperti babat, usus, paru-paru dan hati dengan kuah yang pekat. Soto ini juga dipermanis dengan potongan telur rebus yang membuat isiannya makin wah. Adalah Soto Sulung Stasiun Tugu yang membawa keistimewaan soto sulung dari Madura ke Yogyakarta. Warung soto yang didirikan sejak tahun 1968 oleh Bapak (alm.) Marjuddin, kini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di penjuru Yogyakarta.
Soto Sulung Stasiun Tugu menawarkan soto daging dan soto daging campur jeroan. Daging dan jeroan yang menjadi isian dari soto ini berbeda dengan soto-soto di tempat lain. Dengan dua kali pengolahan, dagingnya terasa empuk, tidak amis dan bumbu meresap sempurna. Jeroan yang jadi isian di soto campur tidak berbau dan empuk, kelezatannya sama dengan soto daging itu sendiri. Kuah sotonya yang pekat dan bumbunya yang kuat terasa, membuat soto sulung ini begitu lezat.
Yang unik dari soto sulung ini adalah nasinya. Bukannya dihidangkan langsung di piring, nasi di sini dibungkus kecil-kecil. Kita dengan bebas bisa tambah nasi tanpa perlu malu. Harga-nya pun murah meriah sekitar Rp 6.500 – Rp 9.500. Buka pukul 09.30 – 21.00 WIB.
5. Saoto Bathok Mbah Katro
Saoto-Bathok-Mbah-Katro
Saoto Bathok Mbah Katro (Foto : masfikr.com)
Satu lagi soto Jogja yang wajib Anda cobain, yaitu Saoto Bathok Mbah Katro yang terletak di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta. Sambil berwisata mengunjungi candi Sambisari, Anda bisa sekalian menikmati kelezatan soto yang satu ini ditemani nuansa pedesaan yang asri.
Segar dan tidak berlemak adalah sensasi pertama yang kita rasakan ketika mencicipi kuah Saoto Bathok yang bening. Soto akan semakin nikmat ketika ditambahkan perasan air jeruk nipis dan memakannya bersama tempe goreng. Bisa juga ditambah sambal dan kecap.
Penyajian Saoto Bathok memang berkesan tradisional dan unik. Sangat cocok dengan tempat dan suasana alam pedesaannya yang kental. Harga yang dipatok pun murah meriah 5 ribu rupiah per porsi. Yuk, buruan berkunjung ke tempat makan enak dan murah di Jogja yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar